TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24173 UR - http://digilib.unila.ac.id/24173/ A1 - FELLA MARINA YULANDRI , 1213254014 Y1 - 2016/09/26/ N2 - Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah di Taman Kanak-kanak Kartini 1 tentang kemampuan membaca permulaan masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kartini 1 yang berjumlah 20 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melalui langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh tentang kemampuan membaca permulaan menunjukan perkembangan yang sangat baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari siklus 1 sampai siklus 3, dari semua indikator yang telah ditetapkan seperti dapat menyebutkan huruf, meniru bentuk huruf, dan merangkai huruf menjadi kata telah berkembang sangat baik. Peningkatan perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak disebabkan adanya perbaikan kinerja pendidik disetiap siklus pelaksanaan pembelajaran melalui permainan petak umpet. Kata Kunci : Metode, indikator dan petak umpet. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET DI TAMAN KANAK-KANAK KARTINI 1 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -