%0 Generic %A RIZKI BAGUS SAPUTRA, 1213041076 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24184 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENOKOHAN DALAM NOVEL TENGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA HAMKA DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/24184/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah penokohan dalam novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka dan rancangan pembelajaran untuk SMA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penokohan yang di dalamnya terdapat teknik pelukisan tokoh, sifat-sifat tokoh, jenis-jenis tokoh, dan mendeskripsikan rancangan pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penilitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Buya Hamka yang diterbitkan pada tahun 2014. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan alinea yang berkaitan dengan penokohan. Hasil penilitian menunjukan bahwa novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Buya Hamka memiliki tujuh jenis tokoh yang telah ditemukan yaitu tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh sederhana, tokoh bulat, tokoh berkembang, tokoh statis, tokoh tipikal, dan tokoh netral. Setiap tokoh memerankan lebih dari satu jenis tokoh dan digambarkan dengan teknik pelukisan tokoh secara analitik dan dramatik. Teknik dramatik digambarkan melalui teknik teknik cakapan, teknik tingkah laku, teknik pikiran, dan perasaan, teknik arus kesadaran, teknik reaksi tokoh, teknik reaksi tokoh lain, teknik pelukisan latar, dan teknik pelukisan fisik. Tokoh dalam novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka, satu tokoh dapat dilukiskan sifat-sifatnya dari teknik dramatik. Novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dapat dibuat rancangan pembelajarannya sebagai alternatif bahan pembelajaran di SMA, khususnya kelas XII semester dua, dengan kompetensi dasar menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kata Kunci : jenis-jenis tokoh, teknik pelukisan tokoh, rancangan pembelajaran