TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24188 UR - http://digilib.unila.ac.id/24188/ A1 - ADE PRENADA , 1014081017 Y1 - 2016/05/11/ N2 - Obyek wisata Bumi Kedaton Resort (BKR) merupakan salah satu tempat wisata yang dapat dijumpai di Provinsi Lampung yang mulai dibuka untuk umum pada tahun 2009 sehingga belum diketahui keragaman sikap pengunjung yang diperlukan untuk strategi manajemen dari BKR untuk dapat menarik pengunjung karena persaingan dalam dunia wisata semakin ketat maka tempat wisata harus memberikan kepuasan kepada pengunjung sehingga pengunjung berkeinginan untuk datang kembali. Oleh karenanya perlu dilakukan penelitian guna mengetahui nilai ekonomi jasa wisata BKR dan karakteristik pengunjung. Manfaat dari penelitian dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan pengelolaan obyek wisata ke depan. Nilai ekonomi jasa wisata dapat diketahui menggunakan metode biaya perjalanan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2014 - Februari 2015 dengan melakukan wawancara dan membagikan kuisioner secara langsung kepada responden sebanyak 99 orang. Pengambilan sampel responden dilakukan dengan metode insidental sampling Ade Prenada yaitu responden yang kebetulan ada di lokasi penelitian dengan teknik pengambilan sampel secara non random sampling karena tidak semua individu dalam populasi memperoleh peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan mulai pukul 09:00-16:00 WIB setiap hari dan saat libur sekolah, natal, tahun baru dan imlek. Hasil penentuan biaya perjalanan pengunjung kemudian diuji dengan metode regresi linear berganda menggunakan software Minitab 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya perjalanan rata ? rata pengunjung sebesar Rp. 109.176,26/kali kunjungan untuk semua zonasi yang diteliti. Berdasarkan perhitungan data penelitian diperoleh nilai ekonomi jasa wisata BKR sebesar Rp. 24.559.199,69/tahun. Karakteristik pengunjung yang memberikan pengaruh nyata terhadap nilai ekonomi jasa wisata BKR yaitu tingkat pendidikan Perguruan Tinggi, hari kunjungan minggu libur sekolah, natal, tahun baru, imlek, pendapatan, dan jarak dengan P Value < 0,1. Pengaruh variabel dependen secara simultan (R-Sq) adalah 96,6% dan R-Sq(adj) adalah 95,4%. Kata Kunci : Biaya perjalanan, demografi, jasa wisata , nilai ekonomi abstract Tourism object BKR (Bumi Kedaton Resort) is one of the tourist attractions that can be found in the Province of Lampung and opened to the public in 2009 so that the unknown diversity of attitude necessary for a visitor management strategy from BKR to be able to attract visitors because of competition in the world tourist attractions then increasingly need to give satisfaction to the visitor so that visitors wishing to come back. Therefore need to do research to find out the value of tourist services BKR and economic characteristics of visitors. The benefits of research can be a material consideration in determining policy on the management of tourism in the future. Economic value of tourism services can be found using the method of travel expenses. The research was carried out in December 2014- February 2015 by doing the interview and questionnaire distributed directly to the respondent as much as 99 people. Sampling of respondents do with inccidental sampling methods respondents who happened to be there on site research with Ade Prenada sampling techniques in a non random sampling because not all individuals in the population earn the same opportunities to provide samples. Sampling is done starting at 09:00am - 4:00 pm WIB each day and by the time the school holidays, christmas, new year and chinese new year. The results of the determination of the cost of travel of visitors then tested with the method of multiple linear regression using software Minitab 16. The research results showed that travel costs averaged ? averaged visitors amounted to Rp. 109.176,26/people/visits for all zoning are examined. Calculation based on research data obtained economic values of tourism services BKR is Rp. 24.559.199,69/year. Characteristics that give visitors a real influence against the economic value of tourism services BKR i.e. time visiting when the Sunday school holiday, Chinese new year, christmas and new year, as well as the distance that has value P Value < 0.1. The influence of the dependent variables simultaneously (R-Sq) was 96,6% and R-Sq (adj) is 95,4%. Keywords: Demographic, economic value, tourism services, travel cost. PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - PENILAIAN JASA WISATA KEBUN BINATANG BUMI KEDATON RESORT DI BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN METODE BIAYA PERJALANAN AV - restricted ER -