%0 Generic %A Doni Firdaus, 1213031020 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:24222 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T STUDI PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SMP NEGERI 2 AMBARAWA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/24222/ %X Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan social siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Ambarawa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan social menggunakan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture dan model pembelajaran kooperatif Example Non Example dengan memperhatikan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan keterampilan social menggunakan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture dan model pembelajaran kooperatif Example Non Example dengan memperhatikan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal, serta ada interaksi antara model pembelajaran, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal terhadap keterampilan social siswa. Kata kumci : kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, Keterampilan sosial, model example non example, model picture and picture.