TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24259 UR - http://digilib.unila.ac.id/24259/ A1 - DESI NINA HARDIYANTI, 1213022010 Y1 - 2016/10/17/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan LKS inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS inkuiri terbimbing pada materi Fluida Statis. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMA N 1 Seputih Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen non-equivalent control grup design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan Independent Sample T Test sebesar Sig. 0,00 dengan nilai N-Gain sebesar 0,84 dari rata-rata nilai pretest sebesar 38,10 dan rata-rata nilai posttest sebesar 90,00, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan LKS inkuiri terbimbing yang signifikan terhadap hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, LKS PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN LKS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM AV - restricted ER -