TY - GEN CY - FAKULTAS TEKNIK ID - eprints24284 UR - http://digilib.unila.ac.id/24284/ A1 - MEUTIA NADIA KARUNIA, 1215011070 Y1 - 2016/10/21/ N2 - Keterlambatan waktu proyek merupakan suatu peristiwa yang terjadi pada setiap proyek. Keterlambatan pada proyek dapat berakibat pada berkurangnya keuntungan yang telah ditargetkan oleh kontraktor. Keterlambatan waktu juga dapat disebabkan oleh buruknya manajemen proyek dan juga kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh sumber daya manusia didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan waktu pada proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar (Paket II Sidomulyo-Kotabaru Sta. 39+400 - Sta. 80+000) dan (Paket III Kotabaru-Metro Sta. 80+000 ? Sta. 109+000), serta menganalisis peringkat (rangking) faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan waktu pada proyek tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Metode analisis data yang diguanakan pada penelitian ini adalah Statistik Frekuensi, Uji Validitas, Uji Reliabilitas. Dari 30 responden yang turut berpatisipasi, dapat disimpulkan bahwa faktor pembebasan lahan merupakan faktor yang paling dominan dari semua faktor-faktor penyebab keterlambatan waktu pada proyek Jalan Tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar. Kata Kunci: Keterlambatan Waktu, Manajemen Proyek, Manajemen Resiko abstract The delay time in project is something that usually happen. This delay would lead to a reduction of profit that has been set by the contractor. The delay time is caused by project this management as well as is caused by human erros involved in the project. The aim of this research is to identify the factors that cause the delay time in project as follows, Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar highway construction (Package II Sidomulyo-Kotabaru Sta. 39+400 - Sta. 80+000) and (Package III Kotabaru-Metro Sta. 80+000 ? Sta. 109+000). The research also rank the factors that influence the delay time in that projects. The research utilitd a purposive sampling technique to sather information from projects stakeholders. The method of data analysis that used in this research was frequency statitistical, Validity Test, Reliability Test by using SPSS. Over the thirty respondents that participated in the research, it can be concluded that land acguisition was the most dominant factors delay time amog all factors that were investigated for the projects. The value of land acguisition was extreme. Keywords : Delay time, Project Management, Risk Management PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - ANALISIS RISIKO KETERLAMBATAN WAKTU PADA PROYEK (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS SUMATERA BAKAUHENI-TERBANGGI BESAR (Paket II Sidomulyo-Kotabaru Sta. 39+400 - Sta. 80+000) dan (Paket III Kotabaru-Metro Sta 80+000 ? Sta. 109+000)) AV - restricted ER -