TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints243 UR - http://digilib.unila.ac.id/243/ A1 - Purwono (Ipunk), POPPY AYU PURBANDINI PUTRI LARASSATI Y1 - 2013/12/26/ N2 - Gender adalah pembedaan peran, perilaku, perangai laki-laki dan perempuan oleh budaya masyarakat melalui interpretasi terhadap perbedaan biologis laki-laki dan perempuan. Teknologi termasuk teknologi komputer dan internet sering dilekatkan kepada laki-laki. Laki-laki dianggap lebih mudah menguasai teknologi dibandingkan perempuan. Dalam konteks profesi guru diduga bias gender mempengaruhi adopsi internet oleh guru terlebih pada sekolah yang tidak berbeda dalam menyediakan sarana dan prasarana internet. Tujuan penelitian ini yaitu mengungkapkan pola adopsi internet oleh guru SMA Swasta di Bandar Lampung dan menyingkap perbedaan pola adopsi internet antara guru laki-laki dengan guru perempuan. Penelitian ini menggunakan TAM Theory yaitu salah satu model penerimaan teknologi yang telah terbukti sebagai model teoritis yang bermanfaat untuk memahami dan menjelaskan perilaku penggunaan sistem informasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi Responden yang menjadi sampel penelitian yaitu 91 orang guru yang terdiri atas 41 orang laki-laki dan 50 orang perempuan yang berasal dari tiga SMA Swasta di Bandar Lampung. Sedangkan teknik pengambilan sampel stratifikasi dan dilakukan secara random. Lokasi penelitian adalah 3 sekolah yang senjang secara digital (digital divide) yaitu, SMA Al-Kautsar, SMA Pangudi Luhur, dan SMA Tunas Harapan. SMA Al-Kautsar memiliki laboratorium komputer yang terhubung langsung dengan internet, SMA Pangudi luhur yang mempunyai laboratorium komputer namun tidak terhubung langsung dengan internet, dan SMA Tunas Harapan yang belum memiliki laboratorium dan internet secara langsung. Untuk analisis penelitian adalah guru di 3 sekolah tersebut, yang menjadi sampel penelitian yaitu 91 orang guru yang terdiri atas 41 orang laki-laki dan 50 orang perempuan. Data penelitian disajikan dalam tabel tunggal dan tabel silang dengan mengetahui frekuensi jawaban dan persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan tidak ditemukan kecenderungan data bias gender untuk kepentingan profesi pola adopsi internet oleh guru. Begitu juga tidak ada kecenderungan perbedaan pola adopsi internet oleh guru di 3 sekolah yang senjang secara digital. Kata Kunci : GENDER, POLA ADOPSI INTERNET. PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik TI - PENGARUH GENDER TERHADAP POLA ADOPSI INTERNET OLEH GURU SMA SWASTA DI BANDAR LAMPUNG (Studi Komparatif Pada SMA Al-Kautsar, SMA Pangudi Luhur dan SMA Tunas Harapan Kota Bandar Lampung) AV - restricted ER -