@misc{eprints24374, month = {Oktober}, title = {PENINGKATAN PERCAYA DIRI MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 METRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = {1213052015 LIA DEVITA SARI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/24374/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah percaya diri siswa rendah. Permasalahannya adalah ?apakah terdapat peningkatan rasa percaya diri siswa yang rendah dengan menggunakan layanan konseling kelompok (role playing) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro ?.? Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri siswa yang rendah dengan menggunakan layanan konseling kelompok (role playing). Penelitian ini bersifat quasi eksperimental dengan jenis desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 9 orang siswa yang memiliki percaya diri rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan percaya diri dengan mengunakan layanan konseling kelompok (role playing), dengan ratarata peningkatan sebesar 30,22 terbukti dari hasil analisis data percaya diri menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh Zhitung= -2.668 {\ensuremath{<}} Ztabel 0,05 = 1,645. Dengan demikian, Ho ditolak, artinya terdapat peningkatan percaya diri dengan menggunakan layanan konseling kelompok (role playing) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : konseling kelompok, role playing, percaya diri} }