@misc{eprints244, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT SERTA REDOKS}, author = {ETI NOPITA Azhar}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/244/}, abstract = {Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan adalah model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran model problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit serta redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 kelas X6 dan kelas X7. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan n-Gain dan uji perbedaan dua ratarata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,44 dan 0,60 dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,51 dan 0,66. Berdasarkan perbedaan dua rata-rata (uji t), diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan yang lebih tinggi dibandingkan kelas pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan siswa. Kata kunci: Pembelajaran problem solving, keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan} }