%A 1123011021 LILIS HARDITASARI %T MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR LOGIKA MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH KAB. TULANG BAWANG BARAT KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran pada 1) rencana pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD, 3) evaluasi pembelajaran kooperatif tipe STAD, 4) prestasi belajar siswa dalam pembelajaran logika matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan kelas X2. PTK ini ditandai dengan siklus I menerapkan pembelajaran kooperatif STAD, siklus II menerapkan pembelajaran kooperatif STAD dan media flash, siklus III menerapkan pembelajaran kooperatif STAD dan aplikasi di lingkungan sekitar. Bahan ajar berupa fotokopi ringkasan materi logika matematika. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes uji kompetensi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) proses rencana pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD menciptakan sebuah kompetisi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD meliputi membentuk kelompok, menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, membimbing kelompok dan memberi kuis serta memberikan penghargaan, 3) proses sistem evaluasi menggunakan tes esai dengan validitas sebesar 0,74 (tinggi), nilai reliabilitas 0,78 (tinggi), tingkat kesukaran (sedang), dan daya beda (baik); 4) Prestasi belajar siswa meningkat, kelas X1 pada siklus I = 42%, siklus II = 72%, siklus III = 86% dan kelas X2 pada siklus I = 45%, siklus II = 71%, siklus III = 82%. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, prestasi belajar logika matematika ABSTRACT The objective of research is to improve learning process : 1) lesson plan of cooperative learning type STAD, 2) the implementation of cooperative learning type STAD, 3) the evaluation of cooperative learning type STAD, 4) students? achievement in learning math logic. This research is classroom action research. The subject of this research is students of grade X. Action research is signed by the first cycle applies cooperative learning type STAD. The second cycle applies cooperative learning type STAD and uses flash media to deliver the lesson.The third cycle applies cooperative learning type STAD and its application in daily life. Students use summary of math logic as handout. Competence test and observation sheets are used to collect data. The conclusion of this research are: 1) the implementation process of lesson plan cooperative learning type STAD. 2) the process of implementation cooperative learning type STAD has some steps. They are: form student groups, deliver the purpose, motivate the students, present the information, guide the group, evaluate, make quiz, and give reward.3) evaluation system uses essay test with validity 0.74, reliability sore 0.78, level of difficulty (medium), and level of difference (good). 4) students? achievment is increasing, it can be seen from their score, students of grade X1 scores, at the first cycle:42%, the scond cycle:72%, the third cycle:86%, and students of grade X2 score: at the first cycle: 45%, scond cycle: 71%, the third cycle: 82%. Keywords :cooperative learning type STAD, achievement in learning math logic. %D 2016 %I UNIVESITAS LAMPUNG %L eprints24425