%0 Generic %A MAIMUNAH , 1213054055 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24432 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T AKTIVITAS BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUTWURI HANDAYANI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/24432/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah sebagian anak usia 5-6 tahun belum dapat mengenal pola dan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain konstruktif terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun di TK Tutwuri Handayani tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan jenis desain One- Group Prestest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel serta analisis regreasi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh aktivitas bermain konstruktif terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun di TK Tutwuri Handayani tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : anak usia dini, bermain konstruktif, kecerdasan logis matematis ABSTRACT The problem in this research was some of the children aged 5-6 years have not been able able to recognize patterns and symbols of numbers. This study aims to determine the effect of the increase in playing constructive logical mathematical intelligence of children aged 5-6 years in kinder garten Tk Tutwuri Handayani academic years 2015/2016. The method used pre-experimental design with this type of design one-group prestest-posttest. Data collection techniques used observation and documentation. Technical analysis of the data using table analysis and simple linier regression. The results showed that there was the influence of constructive play activities to increase logical mathematical intelligence of children aged 5-6 years in kinder garten tk Tutwuri Handayani academic year 2015-2016. Keywords : children aged early, playing constructive, logical mathematical intelligence.