@misc{eprints24435, month = {September}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL SEBAB-AKIBAT PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AR-RAHMAN BANDAR LAMPUNG}, author = {1213054034 FABIOLA ASRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/24435/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan mengenal sebab-akibat pada anak usia dini kelompok B di TK AR-Rahman Bandar Lampung Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan mengenal sebab-akibat pada anak usia dini kelompok B. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B di TK AR-Rahman Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data hasil peneliti dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pada penggunaan metode eksperimen dengan kemampuan mengenal sebab-akibat pada anak usia dini kelompok B. Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan mengenal sebab-akibat pada anak kelompok B di TK AR-Rahman Bandar Lampung Kata kunci : anak usia dini, mengenal sebab-akibat, metode eksperimen abstract The problem in this research is not yet developed the ability to know causation in early childhood in the group B-TK AR Rahman Bandar Lampung Year. This study aims to determine the effect of the use of the experimental method to the ability to know the causality in early childhood group B. This study is correlational research. Subjects in this study were young children in the group BTK AR Rahman Bandar Lampung. Data collection techniques used were observation and documentation. Data were analyzed by researchers simple linear regression analysis. The results of this study indicate that there is a positive effect on the use of experimental methods with the ability to know causation in early childhood group B. Thus it can be concluded that there is an influence on the use of experimental methods to the ability to know the causality in group B in kindergarten children AR-Rahman Bandar Lampung Keywords: early childhood,experimental methods, know causation,} }