TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24486 UR - http://digilib.unila.ac.id/24486/ A1 - TUKIJAH , 1413093055 Y1 - 2016/09/29/ N2 - Pembelajaran PKn di kelas III SD Negeri 1 Marga Agung belum berjalan dengan maksimal. Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan hasil belajar siswa masih rendah dan aktivitas belajar siswa cukup. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus berlangsung selama 2 × pertemuan dimana terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan tes evaluasi belajar untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kinerja guru, pada siklus I mencapai 68 berkategori Baik dan pada siklus II mencapai 84 berkategori Sangat Baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 74,25 berkategori Baik dan pada siklus II mencapai 82,9 berkategori Baik Sekali. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64 dan meningkat pada siklus II mencapai 78,5. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Numbered Head Together PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS III SDN 1 MARGA AGUNG AV - restricted ER -