%0 Generic %A ALAN HARDIYANSYAH , 1113033002 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24493 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE MAKE A MACTH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SENDANGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/24493/ %X Untuk membuat siswa memiliki minat belajar dalam mata pelajaran dapat dengan menggunakan model pembelajaran. Model yang dapat menunjang minat belajar siswa adalah Model Pembelajaran Cooperatif tipe Make a Macth. Model ini menyajikan pembelajaran dalam sebuah permaianan untuk menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan minat terhadap Mata Pelajaran Sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) adakah pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016 ? 2) seberapa besar taraf signifikan pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016 2) untuk mengetahui besarnya taraf signifikan pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Macth Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X1 Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Sendangagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan metode penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi 33 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model Cooperatif Learning tipe Make a Macth terhadap minat belajar siswa kelas X 1 terhadap Mata Pelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2015/2016. Besarnya pengaruh Model Cooperatif Learning tipe Make a Macth memiliki nilai korelasi sebesar 0,57 dengan tingkat hubungan cukup.