@unpublished{eprints24522, month = {Oktober}, title = {ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE TERHADAP FIRM VALUE DENGAN EARNINGS MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI)}, author = {1411031140 Ilham Irawan Romadhoni}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ekonomi dan Bisnis}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/24522/}, abstract = {The aim of this research is to analyze the influence of corporate social responsibility disclosure on firm value and earnings management as a moderating variable in relations between corporate social responsibility disclosure and firm value. The samples of this research are state owned enterprises that listed in Indonesian Stock Exchange around the years 2011 - 2015. The analysis technique of this research is simple linier regression analysis for the first hypothesis and multiple regression analysis for the second hypothesis. The result of this research showed that the corporate social responsibility disclosure has a significant positive effect on firm value and it showed the evidance that earnings management can moderating the relationship between corporate social responsibility disclosure and firm value but not significant. Thus, indicate that corporate social responsibility disclosure in the enterprises with high level earning management will get lower respond by the market than the enterprises with low level of earning management. This results also indicate that corporate social responsibility disclosure was part of the managerial strategy to hid the earning management. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris pengaruh corporate social responsibility disclosure terhadap firm value dan pengaruh praktik earnings management terhadap hubungan antara corporate social responsibility disclosure terhadap firm value. Sampel penelitian ini adalah BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011 - 2015. Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis pertama adalah mengunakan analisis regresi linier sederhana dan untuk hipotesis kedua menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan corporate social responsibility disclosure berpengaruh positif signifikan terhadap firm value dan penelitian ini dapat memberikan bukti bahwa manajemen laba dapat memoderasi hubungan antara corporate social responsibility disclosure terhadap firm value dengan tidak signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa corporate social responsibility disclosure perusahaan yang memiliki tingkat manajemen laba yang tinggi direspon lebih rendah oleh pasar dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki tingkat manajemen laba yang lebih rendah dan membuktikan secara empiris bahwa corporate social responsibility disclosure terbukti sebagai usaha manajemen untuk menutupi indikasi praktik manajemen laba. } }