creators_name: Calvien Muttaqin Tenggono, 1116031026 creators_id: calvienm@yahoo.co.id type: other datestamp: 2016-11-29 07:06:02 lastmod: 2016-11-29 07:06:02 metadata_visibility: show title: ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD “GO AHEAD” DI MEDIA TELEVISI (STUDI PADA KETIGA VERSI IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD) ispublished: pub subjects: HE subjects: NK full_text_status: restricted abstract: Iklan rokok A Mild yang tidak bisa dengan bebas menampilkan produknya, mencari cara lain yang lebih kreatif untuk mempromosikan produknya agar dapat penarik perhatian khalayak, salah satunya dengan mengemas pesan moral pada iklannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pesan moral yang terkandung dalam ketiga versi iklan Sampoerna AMild “Go Ahead”. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis semiotika dengan model semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menemukan pesan moral pesan moral yang terkandung dalam iklan Sampoerna A Mild “Go Ahead” yaitu: bekerja keras, rendah hati, menolong orang lain, dan peduli sesama, namun A Mild dalam iklannya merupakan sesuatu yang tidak ada hubungan khusus dari produk dengan pesan yang disampaikan dalam iklan. A Mild membuat khalayak adalah sebagai korban dari konsumsi makna produk yang telah diciptakan pengiklan sebagai alat untuk mengelabuhi khalayak dari tayangan iklan yang menyisipkan pesan moral dalam iklannya. Kata kunci: pesan moral, analisis semiotika, iklan abstract The advertisement of A Mild cigarette, which could not show freely the content of the advertisement, found a better creative idea to promote the product in order to get the attention of the audience, one of the idea was done by including the moral value in the advertisement. The research was done by applying qualitative method in the semiotic analysis approach from Ferdinand de Saussure. The moral values found in the advertisement of Sampoerna A Mild “Go Ahead” are being a hard worker, being a humble person, being a helpful person, and being a caring person. Nevertheless, the moral values shown in the advertisement had no correlation with the product being promoted. A Mild made audience became victims from the implication of product meaning which had been created by the advertisement. Keyword : Moral value, Semiotic analysis, Advertisement. date: 2016-10-17 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Calvien Muttaqin Tenggono, 1116031026 (2016) ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD “GO AHEAD” DI MEDIA TELEVISI (STUDI PADA KETIGA VERSI IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/24545/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/24545/19/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/24545/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf