%0 Generic %A ERLINDA ERRY INDRIANA, 1213052008 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24552 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGGUNAAN IEKAD DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMANTAPKAN RENCANA PILIHAN JURUSAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/24552/ %X Masalah penelitian ini adalah siswa SMA belum mampu membuat rencana pilihan jurusan studi lanjut secara mantap. Umumnya siswa masih ragu-ragu saat ditanya mengenai rencana pilihan jurusan studi lanjut setelah lulus SMA. Seharusnya siswa sudah mempersiapkan diri pada bidang tertentu mengenai rencana pilihan jurusan studi lanjut secara mantap dan tepat. Permasalahan penelitian adalah apakah penggunaan IEKAD dalam layanan bimbingan kelompok efektif dalam membantu siswa memantapkan rencana pilihan jurusan studi lanjut. Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui efektifitas penggunaan IEKAD dalam layanan bimbingan kelompok dalam membantu siswa memantapkan rencana pilihan jurusan studi lanjut pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan secara bertahap dan melibatkan siswa SMA Negeri 8 Bandar lampung sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental designs dengan desain one group pretest postest. Data kemantapan rencana pilihan jurusan studi lanjut sebelum dan sesudah perlakuan penelitian dijaring dengan menggunakan angket kemantapan rencana pilihan jurusan studi lanjut. Hasil perhitungan analisis menggunakan uji ttest diperoleh nilai t hitung = 15,856 > t tabel =2,756) maka Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan IEKAD dalam layanan bimbingan kelompok efektif dalam membantu siswa memantapkan rencana pilihan jurusan studi lanjut pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 Kata kunci :bimbingan kelompok, IEKAD, pilihan jurusan, studi lanjut