?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PKn%0D%0AMELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW%0D%0ASISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+TANJUNGSARI+KECAMATAN%0D%0ANATAR+KABUPATEN+LAMPUNG+SELATAN%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017&rft.creator=INDRIYATININGSIH+%2C+1313093056&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Masalah+penelitian+ini+adalah+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa%0D%0Akelas+V+SDN+1+Tanjungsari%2C+yang+diketahui+dari+hasil+observasi+dari+22+orang%0D%0Asiswa%2C+hanya+8+orang+(36%2C36%25)+mendapatkan+nilai+di+atas+KKM+65.+Tujuan%0D%0Apenelitian+ini+adalah+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+PKn+siswa%0D%0Akelas+V+SDN+1+Tanjungsari+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+jigsaw.%0D%0ADesain+penelitian+ini+menggunakan+Penelitian+Tindakan+Kelas+yang+dilaksanakan%0D%0Adalam+2+siklus.+Setiap+siklusnya+terdiri+dari+empat+tahapan+yaitu+perencanaan%2C%0D%0Apelaksanaan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Teknik+pengumpulan+data+yang+digunakan%0D%0Aadalah+dengan+menggunakan+tes+dan+nontes%2C+kemudian+dianalisis+menggunakan%0D%0Aanalisis+data+kualitatif+dan+kuantitatif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa%0D%0Aaktivitas+siswa+meningkat+pada+setiap+siklusnya.+Siklus+I+nilai+rata-rata+aktivitas%0D%0Asiswa+64%2C8+dengan+ketuntasan+klasikal+hanya+54%2C5%25+dan+berada+pada+kategori%0D%0Akurang.+Siklus+II+nilai+rata-rata+meningkat+menjadi+71%2C2%2C+dan+ketuntasan+klasikal%0D%0Amenjadi+77%2C3%25+dengan+kategori+tuntas.+Hasil+belajar+siswa+juga+mengalami%0D%0Apeningkatan+disetiap+siklus.+Hasil+belajar+afektif+siklus+I+diperoleh+nilai+rata-rata%0D%0A63%2C2+dengan+persentase+ketuntasan+54%2C5%25.+Siklus+II+menjadi+71%2C8+dengan%0D%0Apersentase+ketuntasan+86%2C4%25.+Hasil+belajar+psikomotorik+siklus+I+diperoleh+nilai%0D%0Arata-rata+64%2C2+dengan+persentase+ketuntasan+59%2C09%25.+Siklus+II+menjadi+72%2C0%0D%0Adengan+persentase+ketuntasan+81%2C80%25.+Hasil+belajar+kognitif+siklus+I+diperoleh%0D%0Anilai+rata-rata+62%2C66+dengan+persentase+ketuntasan+45%2C45%25.+Siklus+II+menjadi+76%2C2%0D%0Adengan+persentase+ketuntasan+81%2C80%25.+Dari+hasil+tersebut%2C+maka+dapat%0D%0Adisimpulkan+bahwa+melalui+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+jigsaw+aktivitas%0D%0Adan+hasil+belajar+PKn+siswa+kelas+V+SDN+1+Tanjungsari+Kabupaten+Lampung%0D%0ASelatan+tahun+pelajaran+2015%2F2016+dapat+meningkat.%0D%0AKata+kunci%3A+aktivitas+belajar%2C+hasil+belajar%2C+pembelajaran+jigsaw.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2016-11-28&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F24627%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F24627%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F24627%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++INDRIYATININGSIH+%2C+1313093056++(2016)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PKn+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+1+TANJUNGSARI+KECAMATAN+NATAR+KABUPATEN+LAMPUNG+SELATAN+TAHUN+PELAJARAN+2016%2F2017.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F24627%2F