%0 Generic %A RIZKI HIDAYAT, 1213053102 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24646 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL COOPERATIEVE LEARNING TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO BARAT %U http://digilib.unila.ac.id/24646/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Diketahui dari 34 orang siswa hanya 44,11% yang tuntas belajar dengan KKM 66. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model cooperative learning tipe student fasilitator and explaining. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini berbentuk siklus, dimana setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe student fasilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata memperoleh 65,74 dan persantase ketuntasan klasikal 52,94 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 73,03, dengan persentase ketuntasan klasikal 97,06. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, IPS, student fasilitator and explaining.