TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24738 UR - http://digilib.unila.ac.id/24738/ A1 - BOBBY TIGOR HARDLEM SIMAMORA, 0913021002 Y1 - 2016/10/27/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan resource rased learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah post-test only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/ 2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pendekatan Resource Based Learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci : pemahaman konsep matematis, pendekatan, resource based learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/ 2016) AV - restricted ER -