TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24787 UR - http://digilib.unila.ac.id/24787/ A1 - TEGUH SETIAWATI, 1213052045 Y1 - 2016/10/14/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa yang belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest, kemudian dianalisis menggunakan analisis data uji Wilcoxon Matched Pairs Test. Sybjek penelitian sebanyak 9 siswa kelas VIII. Hasil analisis statistik menunjukkan zhitung = -2,668 < ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar pada 9 siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Bandar Lampung. Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, dan kemandirian belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -