TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24806 UR - http://digilib.unila.ac.id/24806/ A1 - NADIYAH DALILAH , (1213033053) Y1 - 2016/10/14/ N2 - ABSTRAK Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Minat ini selalu diikuti dengan perasaan senang yang akhirnya memperoleh kepuasan. Metode Permainann (games), populer dengan sebutan pemanasan (ice-breaker). Manfaat metode permainan ialah membangkitkan minat siswa, memupuk dan mengembangkan rasa kerja sama siswa, mengembangkan kreativitas siswa, dan menumbuhkan kesadaran siswa dalam aktivitas kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah ada pengaruh aktivitas berbicara pada metode permainan pertanyaan dilelang terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016??. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas berbicara pada metode permainan pertanyaan dilelang terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Designs dengan desain penelitin One-Shot Case Studi Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Uji analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan rumus korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif aktivitas berbicara pada metode permainan pertanyaan dilelang terhadap minat belajar sejarah siswa pada kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH AKTIVITAS BERBICARA PADA METODE PERMAINAN TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -