%0 Thesis %9 Masters %A Rika Rahmawati, 1423021051 %B FKIP %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:24809 %I Universitas Lampung %T DESAIN DIDAKTIS DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (kasus: Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016) %U http://digilib.unila.ac.id/24809/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dengan bentuk pengembangan desain didaktis, kemampuan dan disposisi pemecahan masalah matematis siswa dalam materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dengan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini mengacu pada prosedur Borg and Gall, yaitu diawali dari studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan, penyusunan desain didaktis, validasi desain didaktis dilanjutkan dengan revisi, ujicoba lapangan dilanjutkan revisi, dan uji lapangan dilanjutkan revisi. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa produk yang disusun belum sepenuhnya memenuhi kriteria desain didaktis. Karena materi yang disampaikan masih mengikuti susunan materi yang ada pada buku paket. Selain itu, soal yang diberikan dalam desain didaktis belum melatih siswa untuk memecahkan masalah secara sistematis. Kemampuan dan disposisi pemecahan masalah siswa setelah menggunakan desain didaktis belum menunjukkan perubahan yang signifikan. Kata kunci :desain didaktis, pemecahan masalah, disposisi pemecahan masalah