TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints24828 UR - http://digilib.unila.ac.id/24828/ A1 - RESSA DWI KURNIA , 1213021057 Y1 - 2016/12/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dibandingkan pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016) AV - restricted ER -