<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017"^^ . "Keragaman bentuk budaya lokal menyebabkan kurang fokusnya\r\npembelajaran tentang kebudayaan daerah. Hal tersebut menyebabkan menurunnya\r\nkualitas kemampuan siswa dalam upaya melestarikan budaya daerahnya.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membacakan\r\nringget masyarakat Lampung Pepadun. Diharapkan dengan adanya penelitian ini\r\nsiswa dan guru tetap menjaga dan ikut melestarikan nilai-nilai budaya Lampung\r\ndalam bentuk kegiatan pembelajaran.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif\r\nmelalui pendekatan kualitatif. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui\r\nkemampuan siswa dalam membaca ringget. Pelaksanaan instrumen dan alat bantu\r\nberupa kriteria atau pedoman penilaian. Kriteria penilaian membaca ringget\r\nmeliputi (1) aspek kejelasan pelafalan, (2) aspek kejelasan tekanan, (3) aspek\r\nkejelasan intonasi, (4) aspek kejelasan penghayatan, (5) aspek kejelasan ekspresi.\r\nHasil temuan penelitian terhadap kemampuan siswa membaca ringget\r\nLampung Pepadun, yaitu: (1) Berdasarkan 5 aspek penilaian pembacaan ringget\r\ndiperoleh nilai tertinggi secara keseluruhan yaitu 86,5. Nilai tersebut diperoleh\r\nsiswa yang telah mampu membacakan ringget dengan pelafalan yang baik, tidak\r\nterputus-putus ketika membacakan ringget, kejelasan tekanan sangat jelas tidak\r\nada kata-kata yang diucapkan dengan salah ataupun terpengaruhi oleh bahasa lain,\r\ndan dari segi aspek intonasi, penghayatan, dan ekspresi sudah diaplikasikan\r\ndengan baik. (2) Berdasarkan 5 aspek penilaian pembacaan ringget Lampung\r\nPepadun, diperoleh hasil pembaca ringget yang memperoleh nilai rendah. Hal ini\r\ndikarenakan pembaca ringget tidak memainkan ekspresi dengan tepat. Selain itu,\r\npembaca ringget terlalu terburu-buru ketika membacakan ringget, sehingga baik\r\npembaca maupun yang mendengarkan tidak dapat menghayati ringget tersebut.\r\n(3) Upaya pelestarian budaya daerah Lampung khususnya ringget dapat dijadikan\r\nbahan pembelajaran Bahasa Lampung di Sekolah Menengah Pertama. Proses\r\npembelajaran membaca ringget dapat melatih siswa untuk memahami lebih jauh\r\ntentang pelafalan, intonasi, tekanan, penghayatan, dan ekspresi dala membacakan\r\nringget. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa antusisas mengikuti\r\nkegiatan belajar mengajar, dengan memelajari kesalahan-kesalahan yang\r\ndisampaikan oleh guru. Jadi, ringget pada masyarakat Lampung Pepadun dapat\r\ndijadikan alternatif bahan pengajaran Bahasa Lampung SMP khususnya materi\r\nringget.\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nThe diversity of local cultures cause lack of focus of learning about local\r\ncultures. This led to the declining quality of students' abilities in an effort to\r\npreserve the culture of the region. This study aims to determine students' ability to\r\nread ringget Lampung people Pepadun. Expected by this research students and\r\nteachers keep and help preserve the cultural values of Lampung in the form of\r\nlearning activities.\r\nThe method used in this research is descriptive method with qualitative\r\napproach. The test instrument used to determine students' skills in reading ringget.\r\nImplementation of instruments and tools such as ratings criteria or guidelines.\r\nRingget reading assessment criteria include (1) the aspect of clarity of\r\npronunciation, (2) the aspect of clarity of pressure, (3) aspects of intonation\r\nclarity, (4) the aspect of clarity appreciation, (5) the aspect of clarity of\r\nexpression.\r\nResearch findings on the ability of students to read ringget Pepadun\r\nLampung, namely: (1) Based on the five aspects of evaluation ringget readings\r\nobtained the highest overall score is 86.5. This value is obtained by students who\r\nhave been able to read ringget with good pronunciation, do not falter when read\r\nringget, clarity pressure is very obviously no words spoken by one or influenced\r\nby other languages, and in terms of aspects of intonation, appreciation, and\r\nexpression has been applied properly. (2) Based on the five aspects of evaluation\r\nLampung Pepadun ringget readings, the results obtained ringget reader who earn\r\nlow grades. This is because the reader ringget not play with the right expression.\r\nIn addition, the reader ringget too hasty when read ringget, so that both readers\r\nand that listening can’t appreciate the ringget. (3) The conservation of local\r\nculture, especially Lampung ringget can be used as learning materials Lampung\r\nlanguage in Junior High School. The process of learning to read ringget can train\r\nstudents to understand more about the pronunciation, intonation, stress,\r\nappreciation, and expression dala read ringget. Research findings showed that\r\nstudent’s antusisas follow the teaching and learning activities, by studying the\r\nmistakes by the teacher. So, ringget in Lampung people Pepadun can be used as\r\nan alternative material Lampung language teaching in particular SMP ringget\r\nmaterial.\r\n\r\nABSTRAK\r\n\r\nKeghagoman bentuk budayo local nyebabke kughang fokusno\r\npembelajaghan hal kebudayoan k daighah. Hal ino nyebabke nughunno kualitas\r\nkemapuan siswa lem upayo ngelestarike budayo daighahno. Peneltian ijo betujuan\r\nguwai mandayei kemapuan siswa lem ngebacoke ringget masyarakat lappung\r\npepadun. Diharapke jamo watno penelitian ijo siswa jamo gureu tetap ngejago\r\njamo nutuk ngelestarike nilai-nilai budayo lappung lem bentuk kegiatan\r\npembelajaghan.\r\nMetode sai digunoke lem penelitian ijo adalah metode deskriptif ngelalui\r\npendekatan kualitatif. Instrumen tes digunoke guwai mandayei kemapuan siswa\r\nlem ngebaco ringget. Pelaksanoan instrumen jamo alat bantu beupo kriteria atau\r\npedoman penilaian. Kriteria penilaian ngebaco ringget ngeliputei (1) aspek\r\nkejelasan pelafalan, (2) aspek kejelasan tekanan, (3) aspek kejelasan intonasi, (4)\r\naspek kejelasan penghayatan, (5) aspek kejelasan ekspresi.\r\nHasil tumbukan penelitian tehadap kemapuan siswa ngebaco ringget\r\nlappung pepadun, yaitu: (1) Bedasarke limo aspek penilaian ngebaco ringget\r\ndimeso nilai tegacak secaro keseluruhan yaitu 86,5. Nilai ini dimeso siswa sai kak\r\nmampu ngebacoke ringget jamo pelafalan sai baik, mak teputus-putus ketiko\r\nngebacoke ringget, kejelasan tekanan sangat jelas makko kato-kato sai diucapke\r\nsalah ataupun tepengaghuh anjak bahaso baghih, jamo anjak segei aspek intonasi,\r\npenghayatan, jamo ekspresi ghadeu diaplikasike baik. (2) Bedasarke limo aspek\r\nngebaco ringget lappung pepadaun, dimeso hasil ngebaco ringget sai meso nilai\r\nrendah. Hal ijo disebabke sai ngebaco ringget mak ngegunoke ekspresi dengan\r\ntepat. Selain ino, ngebaco ringget telaleu tebureu-bureu ketiko ngebacoke ringget,\r\nsehinggo baik sai ngebacoke maupun sai ngedengeike mak dapek ngehayati\r\nringget tesebut. (3) Upayo pelestarian budayo daighah lappung khususno ringget\r\ndapek dijadeike bahan pembelajaghan bahaso lappung di Sekulah Menengah\r\nPertamo. Proses pembelajaghan ngebaco ringget dapek ngelatih siswa guwai\r\nmahamei lebih jaweh tetang pelafalan, tekanan, pehayatan, jamo ekspresi lem\r\nngebacoke ringget. Hasil tumbukan penelitian nyulukke bahwa siswa antusias\r\nnutuk kegiatan belajagh ngajagh, jamo ngelajaghei kesalahan-kesalahan sai\r\nditigehke oleh gureu. Jadei, ringget pada masyarakat lappung pepadun dapek\r\ndijadeike alternative bahan pengajaghan bahaso lappung SMP khususno materi\r\nringget."^^ . "2016-10-01" . . . . . " UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1423045006"^^ . "MARGE KARYA PERTIWI "^^ . "1423045006 MARGE KARYA PERTIWI "^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK (ABSTRACT) ABSTRAK.pdf"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN\r\nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1\r\nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #24840 \n\nKEMAMPUAN MEMBACA RINGGET LAMPUNG PEPADUN DAN \nPEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 \nKOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017\n\n" . "text/html" . . . "LB Theory and practice of education"@en . .