%A 1213053101 RISTI DIANTI %T HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara; (2) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan mengadakan variasi guru dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara; (3) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dan keterampilan mengadakan variasi guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatiif. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 84 siswa, dengan sampel sebanyak 42 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel sistematis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,572 berada pada taraf ?Cukup Kuat?; (2) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan mengadakan variasi guru dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,316 berada pada taraf ?Rendah?; (3) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dan keterampilan mengadakan variasi guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,584 berada pada taraf ?Cukup Kuat?. Kata kunci:..keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, prestasi m..belajar .IPS. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints24876