creators_name: RISTI DIANTI, 1213053101 creators_id: ristidianti@gmail.com type: other datestamp: 2016-12-23 08:42:31 lastmod: 2016-12-23 08:42:31 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara; (2) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan mengadakan variasi guru dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara; (3) hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dan keterampilan mengadakan variasi guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatiif. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 84 siswa, dengan sampel sebanyak 42 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel sistematis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,572 berada pada taraf “Cukup Kuat”; (2) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan mengadakan variasi guru dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,316 berada pada taraf “Rendah”; (3) ada hubungan yang signifikan dan positif antara keterampilan bertanya dan keterampilan mengadakan variasi guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,584 berada pada taraf “Cukup Kuat”. Kata kunci:..keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, prestasi m..belajar .IPS. date: 2016-11-07 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: RISTI DIANTI, 1213053101 (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/24876/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/24876/3/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/24876/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf