%A 1423021006 BUDI HARTONO %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH DI MADRASAH TSANAWIYAH %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan proses pengembangan bahan ajar berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika pada kelas VII MTs Yapenbaya Tanjung Agung Katibung Lampung Selatan. 2) mengembangkan bahan ajar berbasis masalah yang efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika pada kelas VII MTs Yapenbaya Tanjung Agung Katibung Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah Research and Devlopment. Pengembangan produk menggunakan prosedur Borg and Gall yang dibatasi pada uji coba produk terbatas dan revisi produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Yapenbaya Tanjung Agung Katibung Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, validasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan analisis data, maka hasil penelitian ini bahwa bahan ajar matematika berbasis masalah yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor ideal sebesar 88,00 %. Kemudian pada penggunaan bahan ajar berbasis masalah dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan tingkat kemampuannya sebesar 88% sedangkan 12% dinyatakan belum mampu menyelesaikan masalah matematika. Kata kunci: bahan ajar, pembelajaran berbasis masalah, matematika This study aims to: 1) to describe the development process of problem-based teaching materials to improve students' ability in solving mathematical problems of grade VII MTs Yapenbaya South Lampung, Tanjung Agung Katibung. 2) to determine whether the problem based teaching materials equally effective in improving students' ability in solving mathematical problems of grade VII MTs Yapenbaya South Lampung, Tanjung Agung Katibung. This research is the Research and Devlopment. The product development process use procedures of Borg and Gall that are restricted to a limited product testing and product revision. The subjects were students of grade VII MTs Yapenbaya, Tanjung Agung Katibung Lampung Selatan. The techniques of data collecting were interviews, observation, validation and test. The instruments which were used were interviews guide, observations sheet, validation sheet, and tes of problem solving ability. Based on data analysis, the results of this study that the teaching materials matema-based problems that developed when otherwise valid with the ideal score of 88.00%. Then on the use of problem-based teaching materials declared effective in improving students' ability in solving mathematical problems with the ability level of 88%, while 12% are not capable of solving mathematical problems. %D 2016 %I Universitas Lampung %L eprints24903