%A 1213023069 SUYANTI %T HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DENGAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA MELALUI MODEL SIMAYANG TIPE II %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara efikasi diri dengan penguasaan konsep kimia siswa, hubungan antara kemampuan metakognisi dengan penguasaan konsep kimia siswa, hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan metakognisi siswa, dan hubungan antara efikasi diri dan kemampuan metakognisi dengan penguasaan konsep kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menggunakan model SiMaYang Tipe II. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X2 SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 29 siswa yang dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan desain penelitian korelasi. Hubungan antara efikasi diri dan kemampuan metakognisi dengan penguasaan konsep kimia siswa melalui model SiMaYang Tipe II diukur dengan melihat nilai koefisien korelasi dan persamaan regresi linier yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikas diri dengan pengusaan konsep kimia siswa yang tergolong ?kuat?, positif, dan signifikan. suyanti Terdapat hubungan antara kemampuan metakognisi dengan pengusaan konsep kimia siswa yang tergolong ?kuat?, positif, dan signifikan. Terdapat hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan metakognisi siswa yang tergolong ?sedang?, positif, dan signifikan. Hubungan antara efikas diri dan kemampuan metakognisi dengan pengusaan konsep kimia siswa tergolong ?kuat?, positif, dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan penguasaan konsep kimia siswa, kemampuan metakognisi dengan penguasaan konsep kimia siswa, efikasi diri dengan kemampuan metakognisi siswa, serta efikasi diri dan kemampuan metakognisi dengan penguasaan konsep kimia siswa melalui medel SiMaYang Tipe II, sehingga penting untuk meningkatkan efikasi diri dan kemampuan metakognisi siswa dalam pembelajaran yang dapat membantu guru dalam meningkatkan penguasaan konsep kimia siswa. Kata Kunci: efikasi diri, kemampuan metakognisi, penguasaan konsep, model SiMaYang tipe II %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints24906