@misc{eprints24927, month = {Oktober}, title = {ANALISIS USAHATANI DAN EFISIENSI PEMASARAN KOPI (Coffea sp.) DI KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS}, author = { 1014023086 OVA LESTARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS PERTANIAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/24927/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usahatani kopi, proses pembentukan harga kopi pada tingkat petani, dan saluran pemasaran kopi, serta menganalisis efisiensi pemasaran kopi di Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini dilakukan di Desa Gunung Megang dan Desa Sri Mengantin dengan melibatkan 66 petani kopi, serta mengikuti aliran pemasaran yaitu pada pedagang pengumpul dan pedagang besar. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif menggunakan analisis usahatani dengan menghitung R/C ratio dan analisis model S-C-P (Structure, Conduct, dan Perfomance) untuk menganalisis organisasi suatu pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R/C ratio {\ensuremath{>}} 1 artinya usahatani kopi layak untuk diusahakan dan menguntungkan, petani tidak menerapkan sistem hedging untuk produknya. Saluran pemasaran kopi di Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus adalah Petani ? pedagang pengumpul ? pedagang besar ? eksportir. Pemasaran kopi di Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus belum efisien, walaupun pangsa produsen mencapai lebih dari 80\%, tapi Rasio Profit Marjin (RPM) pada setiap lembaga pemasaran tidak menyebar secara merata. Kata Kunci: efisiensi, kopi, pemasaran, usahatani } }