%0 Generic %A YUNARTI, 1413093064 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24938 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TANJUNG SARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/24938/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 1 Tanjung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada kelas IV SDN 1 Tanjung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I dengan jumlah siswa 25 siswa terdapat 19 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran. Sedangkan terdapat 6 orang siswa yang Kurang Aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 76% siswa yang aktif. Pada siklus II terdapa 22 orang siswa yang aktif. Sedangkan hanya 3 orang siswa yang Kurang Aktif dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa mencapai 88% siswa yang aktif dalam pembelajaran. Pada siklus I hasil belajar siswa dari jumlah siswa mencapai 25 orang siswa terdapat 20 orang siswa yang tuntas belajar dan 5 orang siswa yang belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan siswa mencapai 80% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 23 siswa yang tuntas belajar dan hanya terdapat 2 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 92% siswa yang telah tuntas belajar. Kata kunci: aktivitas bela