TY - THES ID - eprints24942 UR - http://digilib.unila.ac.id/24942/ A1 - PITRI HERMELIYATI , 1423021046 Y1 - 2016/12/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas hasil pengembangan lembar kerja siswa materi program linier dengan model model pembelajaran berbasis masalah, mendeskripsikan efektivitas lembar kerja siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum materi program linier dan melihat respon siswa terhadap lembar kerja siswa pada materi program linier dengan model pembelajaran berbasis masalah yang ditinjau dari kemenarikan, dan kemudahan. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI TAV 1 di SMK Negeri 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 30 siswa. Prosedur penelitian yaitu penelitian pendahuluan, mendesain pembuatan lembar kerja siswa dan penyusunan instrumen pembelajaran, uji ahli, uji keterbacaan, uji kelompok terbatas, dan uji kelompok kecil pada subjek penelitian. Pengambilan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengembangan yang dilakukan menghasilkan LKS model pembelajaran PBM materi program linier, lembar kerja siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mencapai kriteria ketuntasan minimum materi program linier dan respon siswa menunjukkan bahwa lembar kerja siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi program linier tergolong menarik dan mudah dipahami. Kata kunci : lembar kerja siswa, model pembelajaran berbasis masalah, program linier PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI PROGRAM LINIER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH AV - restricted ER -