@misc{eprints24949, month = {Desember}, title = {PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG}, author = { 1013034081 DIAN SEPTIANA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/24949/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran Teka-Teki silang dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus selama 6 kali pertemuan, satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik dari kelas XI IPS 4. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat pada siklus 1 siswa yang aktif hanya 45\%, siklus II terjadi peningkatan sebesar 22,5\%, pada siklus III keaktifan siswa mencapai 85\%. Hasil belajar siswa dari siklus I-III terjadi peningkatan, pada siklus I 45\% dari 40 siswa yang mendapat nilai tuntas, siklus II mencapai 67,50\%, pada siklus III mencapai 85\%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 semester ganjil SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Kata Kunci:Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Media Pembelajaran Teka-Teki Silang. ABSTRACT This study aims to analyze media uses learning a crossword puzzle in improve learning outcomes students xi social class 4 public senior high school 8 lampung.The methodology is research class action done in 3 cycle for 6 meetings , one cycle consisting of 2 meetings .The subject of the research is 40 learners of the class xi ips 4 .The data were drawn of tests the cycle and observations learn activity. The research results show that the use of media a crossword puzzle can improve learning outcomes students.Can be seen in cycle 1 students who active only 45 \% , cycle 2 happened an increase of 22,5 \% , in cycle 3 liveliness students 85 \% .Study results students from the cycle first to third increase , in cycle 1 45 \% of 40 students who they received a score be completed , cycle 2 reached 67,50 \% , in cycle 3 reached 85\% .So can be concluded that the use of media a crossword puzzle can improve learning outcomes students xi social class 4 the first half odd public senior high school 8 bandar lampung . Keywords: Learning Results, Study Activity, Crossword Puzzle Media Learning.} }