?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=%0D%0APROFIL+KEMAMPUAN+KERJASAMA+SISWA+DALAM+PEMBELAJARAN+IPA%0D%0A(Studi+Deskriptif+pada+Siswa+Kelas+IV+dan+V+Semester+Genap+SD+Negeri+1+Rajabasa+Jaya+Bandar+Lampung+Tahun+Ajaran+2015%2F2016)%0D%0A%09+%0D%0A&rft.creator=+EVI+YUNITA+SARI+%2C+1213024021&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0A%0D%0AKerjasama+sangatlah+penting+bagi+kehidupan+sehari-hari%2C+oleh+karena+itu+perlu+ditanamkan+sejak+dini%2C+agar+terbiasa+bersosialisasi+dengan+orang+lain+maupun+kelompok.+Pada+dasarnya%2C+pembelajaran+IPA+merupakan+salah+satu+pembelajaran+yang+menanamkan+perilaku+jujur%2C+disiplin%2C+tanggung+jawab%2C+santun%2C+peduli%2C+dan+percaya+diri+dalam+berinteraksi+dengan+orang-orang+sekitar.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+kemampuan+kerjasama+dan+pola+kerjasama+siswa+dalam+pembelajaran+IPA+kelas+IV+dan+V+SD+Negeri+1+Rajabasa+Jaya.%0D%0A%0D%0ADesain+penelitian+ini+berupa+deskriptif+sederhana.+Sampel+penelitian+yaitu+seluruh+siswa+kelas+IV+dan+V+yang+berjumlah+50+siswa%2C+dan+dipilih+menggunakan+sampling+jenuh.+Data+penelitian+ini+adalah+data+kualitatif+berupa+kemampuan+kerjasama+dan+pola+kerjasama+siswa+yang+dihasilkan+dari+lembar+observasi+siswa%2C+kuesioner+siswa+dan+guru%2C+serta+wawancara+guru%2C+data-data+tersebut+kemudian%0D%0Adianalisis+dengan+teknik+deskriptif.%0D%0AHasil+penelitian+yang+diperoleh+menunjukkan+bahwa+secara+keseluruhan+kemampuan+kerjasama+siswa+dalam+pembelajaran+IPA+berkriteria+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D+dengan+persentase+61%25%2C+yang+dilihat+dari+observasi+yang+menunjukkan+bahwa+siswa+mampu+melakukan+musyawarah%2C+berpartisipasi+dalam+kelompok%2C+menerima+tanggung+jawab%2C+mengurangi+ketegangan%2C+serta+berada+dalam++tugas.+Dari+lima+aspek+kerjasama+yang+ada%2C+aspek+%E2%80%9Cberada+dalam+tugas%E2%80%9D+merupakan+aspek+dengan+persentase+tertinggi+yaitu+68%25.+Pola+kerjasama+siswa+yang+terbentuk+terdapat+dua+jenis%2C+yaitu+pola+kerjasama+suplementer+dan+pola+kerjasama+berbeda%2C+terdapat+enam+kelompok+dengan+pola+kerjasama+suplementer+dan+dua+kelompok+dengan+pola+kerjasama+berbeda%2C+Pola+kerjasama+paling+dominan+adalah+kerjasama+suplementer.+Pola+kerjasama+dilihat+pada+saat+siswa+mengerjakan+tugas+dan+berdiskusi+dengan+kelompok.%0D%0AKata+kunci%3A+kemampuan+kerjasama%2C+pola+kerjasama%2C+pembelajaran+IPA+%0D%0A%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2016-12-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F24962%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F24962%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F24962%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++EVI+YUNITA+SARI+%2C+1213024021++(2016)++PROFIL+KEMAMPUAN+KERJASAMA+SISWA+DALAM+PEMBELAJARAN+IPA+(Studi+Deskriptif+pada+Siswa+Kelas+IV+dan+V+Semester+Genap+SD+Negeri+1+Rajabasa+Jaya+Bandar+Lampung+Tahun+Ajaran+2015%2F2016).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F24962%2F