%0 Generic %A NURUL ROFIQOTUS SHOLIHAH, 1213024048 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24964 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016) %U http://digilib.unila.ac.id/24964/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan kerjasama danpolakerjasamadalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dan kelas V SD Negeri 1 Rajabasa.Sampel penelitian adalah siswa kelas IVb dan Va berjumlah 54 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket siswa, angket guru dan wawancara guru. Data kualitatif berupa pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA diperoleh dari lembar observasi, data kualitatif berupa kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA diperoleh darilembar observasi dan angket siswa yang dianalisis dengan menghitung presentase dan di interpretasikan kedalam tabel kriteria kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA serta diperkuat dengan angket guru dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan kerjasama siswa pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Rajabasa termasuk dalam kriteria “sedang”sebesar 56%, dengan aspek kemampuan kerjasama yang tertinggi yaitu “menerima tanggung jawab” dan “berada dalam tugas”. Sedangkan pola kerjasama yang terbentuk pada siswa SD Negeri 1 Rajabasa yaitu pola kerjasama berbeda dan pola kerjasama suplementer. Pola kerjasama yang paling menonjol yaitu pola kerjasama berbeda yang dilakukan oleh 5 kelompok. Kata kunci:kemampuan kerjasama, pembelajaran IPA, pola kerjasama