%0 Generic %A ETIKA RESMIYATI, 1013099010 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:24982 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/24982/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat. Berdasarkan observasi di kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat Kota Metro menunjukkan bahwa guru cenderung menggunakan metode ceramah, siswa pasif, siswa kesulitan dalam memahami konsep-konsep materi pelajaran matematika, disamping itu, guru kurang memberikan contoh-contoh yang kongkrit sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu perlu penggunaan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Pusat berjumlah 36 orang. Prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes tertulis. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif kemudian dijabarkan menjadi deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat aktivitas siswa siklus I cukup aktif dan pada siklus II menjadi aktif. Demikian juga hasil belajar siswa siklus I dengan kategori baik dan siklus II mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik. Kata kunci: aktivitas belajar, alat peraga Matematika, hasil belajar.