@misc{eprints24983, month = {Desember}, title = {PRONOMINA PADA BERITA UTAMA DALAM SURAT KABAR KOMPAS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DI SMP}, author = {1013041023 AMELIA VRANCISKA }, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/24983/}, abstract = {Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan pronomina pada berita utama dalam surat kabar Kompas serta implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan pronomina pada berita utama dalam surat kabar Kompas serta implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah berita utama dalam surat kabar Kompas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya penggunaan pronomina pada berita utama dalam surat kabar Kompas. Penulis berita utama menggunakan pronomina dalam struktur kalimatnya agar kalimat menjadi lebih efektif dan tidak terjadi pengulangan Amelia Vranciska penyebutan subjek dalam tulisannnya. Pronomina diklasifikasikan berdasarkan tiga macam, yakni pronomina persona, pronomina penunjuk, dan pronomina penanya. Berdasarkan penggunaannya, pronomina persona yang paling banyak digunakan, yakni pronomina persona ketiga tunggal bentuk ?nya. Pronomina penunjuk yang paling banyak digunakan, yakni pronomina penunjuk umum bentuk itu. Pronomina penanya yang paling banyak digunakan, yakni bentuk apa. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, yaitu sebagai bahan ajar. Berita utama dalam surat kabar Kompas dapat digunakan sebagai bahan ajar karena surat kabar tersebut terdapat penggunaan pronomina dalam struktur kalimatnya. Selain itu, pronomina juga berimplikasi dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP yang dapat dilihat dalam kompetensi dasar 4.2, yakni menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran tersebut dapat menambah pengetahuan akan cakupan unsurunsur tata bahasa khususnya pronomina. Kata kunci : berita utama, implikasi pembelajaran, pronomina.} }