<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG"^^ . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG\r\nOleh\r\nJoko Sulistio\r\nPelayanan penerbitan pertimbangan teknis izin mendirikan bangunan (IMB) pada\r\nDinas Tata Kota Bandar Lampung dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan\r\nsesuai indikator pada pasal 21 Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang\r\nPelayanan Publik, namun demikian permasalahan mendasar terkait kualitas\r\nkinerja pelayanan belum dapat diketahui dari sudut pandang pelanggan, sehingga\r\nperlu dilakukan identifikasi persepsi masyarakat terkait kualitas pelayanan dan\r\nharapan pelanggan terhadap pelayanan dalam rangka mengetahui kepuasan\r\npelanggan.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan\r\n(tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap\r\nkepuasan pelanggan dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan\r\nmempengaruhi dari kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness,\r\nassurance, dan empathy) terhadap kepuasan pelanggan penerbitan pertimbangan\r\nteknis izin mendirikan bangunan (IMB) pada Dinas Tata Kota Bandar Lampung.\r\nPenelitian ini menggunakan metode sensus dengan jumlah sampel sebanyak 82\r\norang dengan instrument penelitian berbentuk angket/kuesioner dan analisa data\r\ndilakukan dengan statistik deskriptif dan kuantitatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dikategorikan baik dan\r\nmemuaskan pelanggan. Hasil analisis regresi linier berganda menyatakan bahwa\r\nvariabel tangibles, reliability, responsiveness, dan empathy memiliki hubungan\r\nyang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel assurance\r\nmemiliki arah positif tetapi tidak signifikan dengan kepuasan pelanggan.\r\nBerdasarkan uji f menunjukkan variabel tangibles, reliability, responsiveness,\r\nassurance, dan empathy secara bersama sama memberikan pengaruh dan nilai\r\nkoefisien determinasi (R2) diperoleh 87,4%, menunjukkan bahwa variabel bebas\r\nmampu menjelaskan variabel terikat. Sedangkan sisanya sebesar 12,6% dijelaskan\r\noleh variabel bebas lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.\r\nKata Kunci : Kualitas Pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance,\r\ndan empathy) dan Kepuasan Pelanggan.\r\n\r\nABSTRAK\r\nEFFECT OF SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION ISSUANCE\r\nOF CONSIDERATION OF TECHNICAL BUILDING PERMITS (IMB) AT THE\r\nDEPARTMENT OF CITY PLANNING BANDAR LAMPUNG\r\nBy\r\nJoko Sulistio\r\nPublishing services technical considerations of building permit (IMB) at the\r\nDepartment of City Planning Bandar Lampung implemented based on the\r\nstandard of service according to the indicators on article 21 of Law No. 25 of\r\n2009 on Public Service, however, fundamental issues related to quality of service\r\nperformance can not be known from the viewpoint customer, so it is necessary to\r\nidentify the relevant public's perception of service quality and customer\r\nexpectations towards the service in order to determine customer satisfaction.\r\nThis study aims to determine the influence of service quality (tangibles, reliability,\r\nresponsiveness, assurance, and empathy) to customer satisfaction and to\r\ndetermine which variables are the most dominant influence on service quality\r\n(tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy) to customer\r\nsatisfaction technical considerations issuance of building permit (IMB) at the\r\nDepartment of City Planning Bandar Lampung.\r\nThis study uses census with a sample of 82 people with a research instrument a\r\nquestionnaire form / questionnaire and data analysis was done by descriptive\r\nstatistics and quantitative.\r\nThe results showed that the quality of service categorized as good and satisfying\r\ncustomers. The results of multiple linear regression analysis states that the\r\nvariable tangibles, reliability, responsiveness, and empathy has a positive and\r\nsignificant relationship to customer satisfaction. Variable assurance has a\r\npositive direction but not significant to customer satisfaction. Based on the test\r\nvariable f indicates tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy\r\nwith the same effect and the coefficient of determination (R2) obtained 87.4%,\r\nindicating that the independent variables are able to explain the dependent\r\nvariable. While the rest of 12.6% is explained by other independent variables\r\nwhich are not included in this research model.\r\nKeywords: Quality of Service (tangibles, reliability, responsiveness, assurance,\r\nand empathy) and Customer Satisfaction."^^ . "2016-08-30" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1021011047"^^ . "Joko Sulistio"^^ . "1021011047 Joko Sulistio"^^ . . . . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "3. TESIS FULL.TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN\r\nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN\r\n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #24998 \n\nPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN \nPENERBITAN PERTIMBANGAN TEKNIS IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN \n(IMB) PADA DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . "HD28 Management. Industrial Management"@en . . . "JS Local government Municipal government"@en . .