TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints25000 UR - http://digilib.unila.ac.id/25000/ A1 - RIA ANDRIYANI , 1213043038 Y1 - 2016/12/20/ N2 - ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari kreasi Lampung menggunakan tahap koreografi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Al Hikmah Kalirejo Lampung Tengah tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari kreasi Lampung menggunakan tahap koreografi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Al Hikmah Kalirejo Lampung Tengah tahun ajaran 2015/2016. Teori yang digunakan pada penelitian adalah teori pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Proses pembelajaran tari kreasi Lampung menggunakan tahap koreografi dimulai menggunakan tahap audio visual pada tahap ini guru memberikan tayangan video tari kreasi kepada siswa, tahap eksplorasi pada tahap ini guru memberikan contoh gerak tari tradisi untuk dikreasikan atau dikembangkan, untuk tahap improvisasi dan tahap pembentukan dilakukan pengambilan nilai tes praktik. Hasil pembelajaran tari kreasi Lampung menggunakan tahap koreografi menunjukkan bahwa siswa dapat menghasilkan kulitas hasil gerak dengan kriteria baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes praktik secara keseluruhan memperoleh 70,0. Kata Kunci : pembelajaran, tari, koreografi, ekstrakurikuler ABSTRACT The problem in this research is "how the learning process and results using the Lampung creation dance choreography on the stage of extracurricular activities at SMK Al Hikmah Kalirejo Central Lampung academic year 2015/2016". The purpose of this study is to describe the learning process and results using the Lampung creation dance choreography on the stage of extracurricular activities at SMK Al Hikmah Kalirejo Central Lampung academic year 2015/2016. The theory used in this research is the theory of constructivism learning. This research using qualitative descriptive. Sources of data in this study were 10 students who participated in extracurricular dance. Data collection techniques in this research is observation, interview and documentation. The research instrument used is a guide observation, interview and documentation guidelines. The learning process of dance creation Lampung using stage choreography started using the stage of audio-visual at this stage the teacher gives video content creation dance to students, the exploration phase at this stage the teacher gives examples of dance tradition to developed, to the stage of improvisation and stage of formation done taking the value practice tests. Learning outcomes Lampung dance creations using koreogafi stage show that students can produce motion-quality results with good criterion. This result was provit by the score was achieved by the students, with the average score 70,0. Keyword : choreography, dance, extracurricular, learn. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMBELAJARAN TARI KREASI LAMPUNG MENGGUNAKAN TAHAP KOREOGRAFI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK AL HIKMAH KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -