creators_name: M. FADLAN AKHYAR, 1113034045 creators_id: akhyar_fadlan@yahoo.com type: other datestamp: 2016-12-30 04:01:43 lastmod: 2016-12-30 04:01:43 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 1 PESISIR TENGAH KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 1 pada mata pelajaran geografi di MAN 1 Pesisir Tengah Krui Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 1 pada mata pelajaran geografi di MAN 1 Pesisir Tengah Krui Kabupaten Pesisir Barat. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, talking stick, hasil belajar geografi abstract This research was aimed at finding out (1) the difference between the students’ achievement at class X Social 1 that used cooperative learning model of talking stick type and the students’ achievement at class X Social 2 that used conventional learning model, (2) the effect of using cooperative learning model of talking stick type on the students’ learning achievement at class X Social 1 of Geography subject at MAN 1 Pesisir Tengah Krui In Pesisir Barat District. Quasi experiment was used in this study. The populations were the students at class X Social 1 and 2. To analyze the data, T-Test and linear regression analysis were used. The results showed that (1) there was a difference between the students’ achievement at class X Social 1 that used cooperative learning model of talking stick type and the students’ achievement at class X Social 2 that used conventional learning model, (2) there was an effect of using cooperative learning model of talking stick type on the students’ learning achievement at class X Social 1 of Geography subject at MAN 1 Pesisir Tengah Krui In Pesisir Barat District. Keywords: cooperative learning model, learning geography achievement, talking stick date: 2016-11-29 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: M. FADLAN AKHYAR, 1113034045 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 1 PESISIR TENGAH KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN . document_url: http://digilib.unila.ac.id/25021/1/ABSTRACT%20%28%20ABSTRAK%20%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/25021/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/25021/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf