title: EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMFOKUSKAN PERTANYAAN PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT creator: SUSANTI, REVISIA subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan memfokuskan pertanyaan siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2014-2015 yang ber-jumlah 433 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 sebagai kelas kontrol, dan X3 sebagai kelas eksperimen Tahun Pelajaran 2014-2015. Peng¬ambil-an sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan memfokuskan pertanyaan pada kelas kontrol sebesar 0.406 dan pada kelas eksperimen sebesar 0.671. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t-Test), disimpulkan bahwa pem-belajaran menggunakan model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan memfokuskan pertanyaan siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci. Model problem solving, kemampuan memfokuskan pertanyaan, larutan elektrolit dan nonelektrolit. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-12-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25033/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25033/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/25033/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMNAHASAN.pdf identifier: SUSANTI, REVISIA (2016) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMFOKUSKAN PERTANYAAN PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/25033/