%A REVISIA SUSANTI %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMFOKUSKAN PERTANYAAN PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan memfokuskan pertanyaan siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2014-2015 yang ber-jumlah 433 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X2 sebagai kelas kontrol, dan X3 sebagai kelas eksperimen Tahun Pelajaran 2014-2015. Peng?ambil-an sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan memfokuskan pertanyaan pada kelas kontrol sebesar 0.406 dan pada kelas eksperimen sebesar 0.671. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t-Test), disimpulkan bahwa pem-belajaran menggunakan model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan memfokuskan pertanyaan siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci. Model problem solving, kemampuan memfokuskan pertanyaan, larutan elektrolit dan nonelektrolit. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints25033