%0 Generic %A CHRISTIAN ARDI SAPUTRA, 0913051024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:25040 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T MENINGKATKAN GERAK DASAR HEADSTAND MENGGUNAKAN ALAT BANTU TEMBOK DAN BANTUAN TEMAN PADA SISWA SD NEGERI 2 SUKOHARJO II KABUPATEN PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/25040/ %X Masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki gerak dasar headstand dengan menggunakan alat bantu pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sukoharjo II Kabupaten Pringsewu. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 2 Sukoharjo II Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah, melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar headstand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siklus terdapat adanya perbaikan hasil belajar gerak dasar headstand, dan bila dilihat dari KKM pada tes awal diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 0%, pada siklus kesatu diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 57%, ternyata dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar headstand secara signifikan dan pada siklus kedua diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 86%. Hasil peningkatan > 65% itu artinya hasil pembelajaran gerak dasar headstand dengan alat bantu berupa tembok dan bantuan teman yang digunakan menunjukan adanya peningkatan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar headstand pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sukoharjo II Kabupaten Pringsewu sangat efektif setelah menggunakan alat bantu berupa tembok dan bantuan teman. Kata kunci: alat bantu, gerak dasar, headstand