%A 1013032083 Nina Widiyanti %T STUDI TENTANG PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK JENIS PORTOFOLIO PADA KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemahaman guru dalam melaksanakan penilaian autentik pada kurikulum 2013 mata pelajaran PPKN Di SMP negeri 1 bandar lampung Tahun pelajaran 2013/2014. Metode dalam penilitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian guru PPKN yang berjumlah 4 orang yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pokok yang digunakan adalah angket, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Hasil penelitian menunjukan pemahaman guru terhadap penilaian autentik jenis portofolio dengan indikator pemahaman konsep penilaian portofolio 2 orang atau 50% kategori memahami, 1 orang atau 25% katerogi kurang memahami dan 1 orang atau 25% kategori tidak memahami. Kemampuan merancang dan menerapkan portofolio 1 orang atau 25% kategori memahami, 2 orang atau 50% katerogi kurang memahami dan 1 orang atau 25% kategori tidak memahami. Kemampuan menilai hasil belajar portofolio 1 orang atau 25% kategori memahami, 1 orang atau 25% katerogi kurang memahami dan 2 orang atau 50% kategori tidak memahami. Sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa terdapat 2 responden dari 4 responden kurang memahami terhadap penilaian autentik jenis portofolio. %C Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %D 2014 %I Universitas Lampung %L eprints2506