%A 1423021061 SURYATUL AINI ASYHARA %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PQ4R UNTUK MENANAMKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA %X Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika dengan metode PQ4R untuk menanamkan kemampuan dan disposisi pemahaman konsep matematis siswa. PQ4R adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan membaca. Kegiatan dalam proses pembelajarannya yaitu preview, question, read, reflect, recite dan review. Kemampuan pemahaman konsep matematis kemampuan siswa dalam menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan suatu konsep matematika. Disposisi pemahaman konsep matematis adalah kecendrungan seseorang bersikap dalam memahami konsep matematika yang sedang dipelajari, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Daarul Ma?arif tahun pelajaran 2015/2016 yang memiliki karakter berpikir menengah ke bawah. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, wawancara, dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajara matematika dengan metode PQ4R efektif jika bahasa yang digunakan jelas, dibuat keterangan penjelas pada langkah-langkah penyelesaian pada contoh soal, latihan yang dibuat jangan terlalu banyak dan sebaiknya berbentuk soal cerita. Sebagian besar siswa menyukai bahan ajar matematika ini dan bahan ajar ini dapat menanamkan kemampuan dan disposisi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: PQ4R, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Disposisi Pemahaman Konsep Matematis. ABSTRACT This research is a research development that aims to develop mathematical teaching materials with PQ4R method to instill the ability and the disposition skill of students' understanding on mathematical concepts. PQ4R is an instructional method which is done through reading activities. The activities in the learning process include: preview, question, read, reflect, recite and review. The ability of understanding mathematical concepts means students' skills in translating, interpreting, and concluding a mathematical concept. The disposition understanding of mathematical concepts is the tendency in understanding math concepts being studied, explaining the link between the concepts and applying the concepts in a flexible manner, accurate, efficient and precise in problem solving. The subject in this research were students of VIII B of JHS Daarul Ma'Arif 2015/2016 academic year with middle-upper thinking characters. The data were obtained through observation sheets, interviews, and final tests. The research results showed that the instructional mathematical learning materials with PQ4R method was effective when it used clear language, provided clear explanations on the completion of the steps in the example given, less practices while the tasks should be in form of stories. Most students like these kind of mathematics teaching materials therefore they can enhance the ability and the disposition skill of students' understanding on mathematical concepts. Keywords: PQ4R, the ability and the disposition skill of students' understanding on mathematical concepts %D 2016 %I Universitas Lampung %L eprints25062