TY - THES ID - eprints25116 UR - http://digilib.unila.ac.id/25116/ A1 - OKTARIA , 1423021043 Y1 - 2016/12/08/ N2 - Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar Matematika SMK kelas XII berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi siswa Prakerin dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar Matematika SMK kelas XII berbasis TIK bagi siswa Prakerin. Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar Matematika berbasis TIK bagi siswa Prakerin pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evalution). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Bandar Lampung sebanyak 30 siswa. Prosedur penelitian ini adalah penelitian pendahuluan, mendesain bahan ajar, penyusunan instrumen, uji ahli, uji perorangan, dan uji terbatas. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar Matematika berbasis TIK yang dihasilkan efektif untuk mencapai KKM dan respon siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis TIK pada materi matriks tergolong menarik dan mudah dipahami. Kata kunci: bahan ajar, matriks, TIK PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI SISWA SMK PADA MATERI MATRIKS AV - restricted ER -