%A 1013053011 Fitri Andriana %T PENERAPAN PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD NEGERI 4 BUMI JAWA BATANGHARI NUBAN LAMPUNG TIMUR %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumi Jawa Batanghari Nuban Lampung Timur yang diketahui dari hasil observasi dan wawancara serta penelusuran dokumen siswa. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan Resource Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengumpulkan data kinerja guru dan sikap serta keterampilan siswa. Soal-soal tes untuk data pengetahuan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, 65,44 dengan siswa kategori ?baik? berjumlah 11 orang (61,11%) dan siklus II 75,72 meningkat sebesar 10,28 dengan siswa kategori ?baik? berjumlah 14 orang (77,78%). Kata kunci : Pendekatan Resource Based Learning, Hasil Belajar. %C Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %D 2014 %I Universitas Lampung %L eprints2512