@misc{eprints25155, month = {Nopember}, title = {HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 }, author = {1213033058 Okta Darma Yudha}, address = {UNIVERITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/25155/}, abstract = {Berdasarkan observasi pendahuluan di SMA Negeri 8 Bandar Lampung, diketahui motivasi belajar siswa terbilang rendah. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan mental activities pada model pembelajaran Teams Gams Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mental activities pada model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain One-Shot Case Study. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji koefisien korelasi spearman. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji koefisien korelasi spearman diperoleh hasil t0 (4,346) {\ensuremath{>}} ttabel (2,064). Dari penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan mental activities pada model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. } }