%0 Generic %9 Other %A Levina Rizki Narulita, 1013031042 %C FKIP %D 2014 %F eprints:2519 %I Universitas Lampung %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ICT (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) DAN MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKATAMA METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/2519/ %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro, Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Ada perbedaan hasil belajar antara media pembelajaran ICT dan grafis;(2) Hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan media grafis lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media ICT;(3) Hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan media ICT lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media grafis;(4) Ada interaksi media pembelajaran dengan kemampuan awal. This quasi eksperimental research aims to know the difference of learning media. Population in this research was eight grade students in SMP Kartikatama Metro, Lampung in academic year 2013/2014, the sample were VIII C and VIII D class choosen by using cluster random sampling technique. The results of the research are:(1) There is a difference achievement between ICT and grapichs learning media;(2) Student learning outcomes that have a low initial learning capability using graphic media lower than students whose learning using ICT media;(3) student learning outcomes that have a high initial learning capability using ICT media higher than students learning to use the media graphic;(4) There is an interaction between the media of learning with prior knowledge.