%0 Generic %A Sukardi, HERNI AGUSTIANI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:252 %I Fakultas KIP %T ANALISIS KEMAMPUAN MENARIK KESIMPULAN DAN MENERAPKAN KONSEP PADA MATERI ASAM-BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E %U http://digilib.unila.ac.id/252/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan dan menerapkan konsep pada materi asam-basa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 3E untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 12 Ban-dar Lampung. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan one shot case study. Analisis data adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data da-pat disimpulkan bahwa untuk kemampuan menarik kesimpulan, hampir separuh siswa pada kelompok tinggi berkriteria sangat baik dan sebagian besar berkriteria baik. Pada kelompok sedang sebagian kecilnya berkriteria sangat baik dan hampir seluruhnya berkriteria baik. Pada kelompok rendah sebagian kecil berkriteria sa-ngat baik, sebagian besar berkriteria baik dan sebagian kecil lainnya berkriteria cukup. Untuk kemampuan menerapkan konsep, hampir seluruh kelompok tinggi berkriteria sangat baik dan sebagian kecil berkriteria baik. Pada kelompok sedang sebagian kecil berkriteria sangat baik; sebagian besar berkriteria baik dan sebagi- Herni Agustiani an kecil lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok rendah hampir separuhnya berkriteria sangat baik, hampir separuh berkriteria baik dan hampir separuh lainnya berkriteria cukup. Kata kunci : Learning Cycle 3E, kemampuan menarik kesimpulan, menerapkan konsep, kelompok kognitif